Aturan Pemakaian Print Masker Kain Secara Benar

admin 0
print masker

Menggunakan masker pada saat sekarang merupakan hal yang wajib dilaksanakan. Mengingat kondisi masih harus waspada dengan wabah Covid-19. Masker sekarang menjadi sesuatu yang utama ketika akan bepergian maupun aktivitas lain, baik dalam ruangan maupun di luar ruangan.

print masker

Jenis Bahan Kain Aman Dipakai Untuk Print Masker Mulut

Kain yang dipergunakan untuk membuat masker memang perlu diperhatikan agar masker yang dihasilkan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Jenis bahan kain yang baik dan cocok dijadikan bahan dasar membuat masker adalah kain katun. Diketahui dari hasil eksperimen para peneliti dalam melakukan percobaan terhadap berbagai jenis model masker dari yang terbuat menggunakan sapu tangan, kaos kaki, hingga bandana.

Kain untuk masker yang terbaik adalah kain katun dua lapis menurut Tim Peneliti Florida Atlantic University. Namun, akan lebih baik lagi print masker kain yang dipergunakan terdiri dari tiga lapis. Perlu diketahui jika memakai masker kain katun dua lapis mampu mengeluarkan percikan air liyr atau dropet berjarak 6 sentimeter. Jika memakai masker jenis bandana dapat keluarkan dropet 91 sentimeter dan masker sapu tangan 38 sentimeter.

Aturan atau Cara Memakai Print Masker Kain Katun

Maemakai masker kain untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari apabila memakai masker berbahan kain, maka usahakan masker akin katun dengan tiga lapis. Hal ini sebagai cara untuk mengantisipasi semakin banyak dan berkembang penularan Corona di masyarakat. Jadi, jangan sampai menganggap enteng masker supaya Corona tidak semakin menyebar. Berikut aturan atau cara memakai masker kain katun :

Bersihkan Tangan Terlebih Dulu

Pada waktu akan memakai print masker kain, tangan harus bersih yaitu dengan cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol. Pastikan tangan sudah bersih  sebelum mengambil atau memakai masker. Dengan tangan yang bersih maka virus tidak menempel pada kain masker.

Masker Kain Katun Harus Menutup Mulut dan Hidung

Memastikan masker kain katun yang akan dipakai sesuai ukuran sehingga dapat menutupi bagian hidung dan mulut dengan benar. Masker tidak melompong, kekecilan, maupun kebesaran sehingga kurang optimal menutupi bagian mulut serta hidung. Jangan asal pakai masker demi menjaga kesehatan diri dan orang lain.

Tidak Sentuh Masker dan Buka dari Belakang

Selama memakai print masker kain katun tidak menyentuh bagian masker. Apabila tersentuh maka, bersihkan tangan dengan hand sanitizer beralkohol maupun sabun. Kemudian, ketika akan membuaka masker kain katun maka, bukalah dari tali belakang jangan memegang bagian depan. Setelah itu, bersihkan tangan dengan sabun pada air mengalir selama 20 detik. Makser yang digunakan pun dicuci dan dijemur dengan cara digantung.

Nah, pada masa kemabli pada kehidupan baru ini, menggunakan masker untuk menemani aktivitas sehari-hari sangat dianjurkan bahkan wajib. Hal ini dilakukan supaya penyebaran virus Corona tidak semakin meluas, sehingga korban tidak terus bertambah banyak. Perlu diingat bahwa jenis bahan print masker kain untuk dipakai adalah kain katun tiga lapis agar meminimalisir percikan air liur atau dropet. Tidak lupa selalu bersihkan tangan. Semoga bermanfaat.

Tags: